Gethuk Goreng Sokaraja

Makanan Khas Indonesia - Gethuk goreng merupakan makanan khas dari Sokaraja, Banyumas. Jajanan ini terbuat dari singkong yang diolah menjadi gethuk basah kemudian digoreng.

Proses pembuatan Gethuk Goreng
1. Proses pertama dalam membuat gethuk goreng adalah pemilihan bahan baku. Singkong yang digunakan adalah singkong yang bersih(tidak terkena hama). Bahan utama lainnya adalah gula jawa.

2. Proses kedua adalah membersihkan singkong dengan cara dikupas dan dicuci hingga bersih

3. Proses ketiga adalah mengukus singkong. Butuh waktu yang lumayan lama hingga singkong terkukus hingga matang. Biasanya pembuat gethuk goreng membuat gethuk dalam jumlah kuintal.

4. Proese keempat adalah menumbuk singkong hingga benar-benar lembut. Gula jawa dimasukkan di proses ini hingga akhirnya tercampur dengan rata. Dibutuhkan banyak tenaga ketika menumbuk singkon.

5. Proses kelima adalah menggoreng gethuk. Sebelum gethuk digoreng, terlebih dahulu dibalut dengan tepung. Sebenarnya gethuk yang telah ditumbuk dan dicampur gula jawa sudah bisa dimakan tanpa digoreng. Prose penggorengan biasanya menggunakan kayu bakar agar cita rasa yang dihasilkan lebih enak.

Makanan Khas Indonesia

0 comments:

Post a Comment